Kamis, 20 Juli 2017

DI BAWAH MATAHARI TERBIT


Penulis                   Nino Oktorino
Judul                      Di Bawah Matahari Terbit 
Subjudul                Sejarah Pendudukan Jepang di Indonesia 1941-45
Penerbit                 Elex Media Komputindo
Ukuran                   14 x 21 cm
Halaman                300
ISBN/EAN             9786020288116               

Kemerdekaan Indonesia mulai terbentuk perwujudannya dengan kedatangan pasukan Jepang.Kekalahan Sekutu yang begitu cepat meyakinkan bangsa Indonesia bahwa kekuasaan Belanda tidaklah bersifat kekal.Namun,Jepang juga membuat banyak perubahan struktural dalam masyarakat Indonesia. Secara sengaja atau tidak sengaja, hal tersebut memastikan bahwa kekuasaan Belanda tidak akan pernah pulih kembali di Indonesia. Semua orang Eropa dan kebanyakan orang Indo-Eropa dengan cepat disingkirkan ke dalam kampkamp tawanan.

Singkatnya, masa pendudukan Jepang membuat bangsa Indonesia memiliki kesadaran politik untuk menolak penjajahan, membiasakan para pemimpin pergerakan untuk memegang kepemimpinan politik secara nasional, dan menyiapkan bangsa Indonesia untuk melakukan perlawanan persenjata guna memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan.

1 komentar:

  1. Bang nino kalau saya dari kepanitiaan Masa Bimbingan Pengenalan Studi Sejarah 2017 dari Unpad berniat mengundang bang nino untuk menjadi pembicara diacara seminar bisa hubungi kontak yang mana? Terima kasih

    BalasHapus